Cara Mengatasi Bibir Kering pada Bayi - AmosSalden

Sponsor:

Cara Mengatasi Bibir Kering pada Bayi

Cara Mengatasi Bibir Kering pada Bayi

Bibir kering pada bayi – Bagaimana cara mengatasi bibir kering pada bayi merupakan pertanyaan yang tentunya sering kita dengar dari para ibu muda yang baru pertama kali memiliki anak.

Bibir kering pada bayi adalah gejala yang paling sering ditemui pada bayi terutama pada beberapa bulan pertama kehidupannya. Sebenarnya gejala bibir kering pada bayi tidaklah berbahaya, karena ini bisa disebabkan karena kebiasaan bayi menjilat dan menghisap bibirnya sendiri.

Penyebab bibir bayi kering


Sebenarnya selain kebiasaan bayi menjilat dan menghisap bibir, masih ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan bibir kering pada bayi :

1. Faktor Asupan


  • Bayi yang baru lahir biasanya kurang mendapatkan asupan ASI, karena tidak cukupnya ASI yang dihasilkan oleh payudara Ibu di awal masa kelahiran yang mengakibatkan bayi dehidrasi. Dehidrasi pada bayi cirri-cirinya bisa dilihat dari ubun-ubun yang cekung, air mata yang kering dan frekuensi kencing yang lebih sedikit dari enam kali sehari. 
  • Kekurangan vitamin A

2. Faktor Alam


  • Tingginya temperature
  • Kelembapan yang rendah
  • Tepapar sinar matahari dan angin kencang dalam waktu yang lama

3. Faktor kebiasaan


Seperti yang sudah di sebutkan diatas bahwa kebiasaan bayi menjilat dan menghisap bibir sendiri juga bisa menyebabkan bibir bayi kering.

Walaupun seperti yang sudah di jelaskan diawal bahwa bibir kering pada bayi tidaklah berbahaya, tetapi jika tiga faktor diatas dibiarkan dalam waktu yang lama akan mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan lain pada bayi.

Bibir kering pada bayi juga merupakan pertanda adanya masalah kesehatan pada bayi jika gejala bibir kering terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Efek samping bibir kering pada bayi


Penyebab bibir bayi kering yang merupakan faktor dari asupan, lingkungan dan kebiasaan tadi harus segera diatasi karena bisa menimbulkan efek samping seperti :

  • Gangguan pola tidur 
  • Gangguan pola menyusui
  • Faktor resiko timbulnya infeksi 


Cara mengatasi bibir kering pada bayi


1. Oleskan ASI dengan tangan pada bibir bayi, selain melembabkan bibir bayi Anda hal ini juga dapat mencegah infeksi pada bibir bayi yang pecah-pecah

2. Selain ASI Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa yang mengandung asam laurat yang memiliki kesamaan denga zat yang terkandung di dalam ASI, untuk dioleskan pada bibir bayi.

3. Untuk mengatasi temperature tinggi Anda bisa menggunakan pendingin ruangan atau mengatur sirkulasi udara dalam ruangan Anda dengan mengoptimalkan ventilasi udara.

4. Untuk mengatasi kelembapan yang rendah Anda bisa menggunakan humidifier untuk meningkatkan kelembapan udara dalam ruangan.

5. Lindungi bibir bayi Anda dari paparan sinar matahari dan angin yang terlalu kencang jika Anda sedang berada diluar ruangan.

6. Perhatikan asupan ASI bayi Anda agar tidak sampai dehidrasi, semakin sering Anda menyusui maka ini akan merangsang produksi ASI menjadi semakin banyak.

Artikel ini juga kami lengkapi dengan video yang Kami dapatkan dari youtube, Anda bisa menontonnya setelah membaca artikel ini terlebih dahulu, diharapkan setelah melihat video ini Anda menjadi lebih mengerti penyebab dan cara mengatasi bibir kering pada bayi.


Sumber : youtube.com

Penutup


Apabila bibir kering pada bayi disertai dengan gejala-gejala lain seperti dehidrasi yang parah, timbul demam, ruam pada kulit dan mata menjadi merah mak jangan tunda lagi untuk memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis anak untuk menghindari resiko penyakit yang lebih parah.

Demikian tadi pembahasan mengenai cara mengatasi bibir kering pada anak. Walaupun bibir kering pada bayi bisa dikatakan tidak berbahaya tetapi jangan mengabaikannya karena bila dibiarkan dalam waktu yang lama akan menimbulkan gangguan kesehatan lainnya pada bayi. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengatasi Bibir Kering pada Bayi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel