Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah


Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah - Bagi wanita rambut, mata, hidung dan bibir merupakan faktor penunjang yang dapat membuat wanita tersebut terlihat cantik dan anggun. Penampilan yang baik dapat meningkatkan percaya diri bagi wanita.

Bibir kering dan pecah-pecah tentunya merupakan momok bagi para wanita yang sangat memperhatikan penampilannya. Bibir kering dan pecah-pecah merupakan tanda yang muncul akibat adanya masalah kesehatan seperti :

Dehidrasi
Iritasi pada bibir
Malnutrisi

Kulit bibir tidak memiliki pigmen pewarna kulit (melamin) yang juga memiliki fungsi sebagai pelindung kulit. Karena tidak memiliki melanin maka kulit bibir tidak tahan terhadap paparan sinanr UV, perubahan temperatur, angin yang kencang dan kelembapan ruangan yang biasa disebabkan penggunaan AC.

Bibir juga tidak memiliki kelenjar yang dapat menghasilkan pelumas alami untuk melembabkan bagian kulit bibir, sehingga untuk menjaga bibir tetap lembab dan sehat dibutuhkan perlakuan dari Anda sendiri.

Penyebab bibir kering


Bibir kering disebabkan oleh banyak faktor seperti faktor kebiasaan, faktor  alam dan faktor medis :

1.Faktor Kebiasaan


  • Kebiasaan menjilat bibir. Mungkin banyak orang yang beranggapan dengan menjilati bibir maka bibir akan menjadi lembab. Kebiasaan menjilati bibir ternyata malah menyebabkan bibir menjadi kering karena air liur yang Anda oleskan ke bibir malah menghilangkan kelembapan alami dari bibir itu sendiri.
  • Kebiasaan menggit bibir. Kebiasaan menggigit bibir akan mengakibatkan trauma dan merusak lapisan pelindung bibir yang akan mengakibatkan bibir menjadi kering dan mudah pecah-pecah.
  • Bernapas dari mulut. Dengan bernapas dari mulut akan mengakibatkan bibir menjadi kering jadi sebisa mungkin bernapaslah dari hidung.
  • Penggunaan lipstick. Pilih lipstik yang sesuai dengan kulit bibir Anda jangan memilih lipstick hanya karena menjanjikan warna yang menarik dan tahan lama karena jika tidak cocok maka akan mengakibatkan bibir menjadi kering dan pada akhirnya bibir menjadi pecah-pecah.
  • Pelembap bibir dengan rasa. Sama seperti kebiasaan menjilati bibir maka penggunaan pelembap bibir dengan rasa juga akan membuat Anda secara tidak sengaja menjilati bibir karena rasa dari pelembap bibir tadi. 
  • Bahan kimia iritatif. Bahan kimia iritatif biasanya ditemukan pada pewarna, parfum atau sabun batang, jadi jika ingin menggunakan suatu produk yang mengandung bahan kimia iritatif sebaiknya dipastikan bahwa bahan tersebut cocok dan tidak mengakibatkan efek samping seperti bibir kering,


2. Faktor Alam


  • Karena kulit bibir tidak memiliki melamin maka kulit bibir harus dijaga dari paparan sinar matahari yang berlebihan karena akan mengakibatkan kulit bibir menjadi kering selanjutnya pecah-pecah dan akhirnya akan mengelupas.
  • Kelembapan udara rendah, Kelembapan udara yang rendah juga akan mengakibatkan kulit bibir menjadi kering, sehingga harus selalu di control lelembapan ruangan Anda.


3. Faktor medis


  • Dalam masa pengobatan. Obat-obatan untuk menyembuhkan bipolar dan kanker serta beberapa suplemen seperti vitamin A, retinoid dan litium dapat mengakibatkan bibir kering sebagai efek sampingnya.
  • Kondisi medis tertentu. Kondisi medis seperti dehidrasi kurang nutrisi (zat besi dan vitamin B), infeksi, alergi dan kondisi autoimun dapat juga menyebabkan bibir kering.


Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah


Bibir kering akan mengakibatkan bibir pecah-pecah tetapi jangan coba-coba untuk mengupasnya. Karena kulit bibir tersebut belum semuanya mati sehingga akan mengakibatkan bibir menjadi terluka dan kadang bisa sampai berdarah dan rasanya perih.

Anda harus sabar membiarkan kulit bibir yang pecah-pecah tersebut terkelupas dengan sendirinya, biarkan kulit mati tersebut beregenerasi dengan sendirinya.

1. Minum air yang cukup


Minum air putih yang cukup setiap hari untuk menghindarkan tubuh Anda dehidrasi karena jika kurang minum air dapat menyebabkan bibir kering.

2. Mengkonsumsi makanan bergizi


Lengkapi kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan perbanyak asupan makanan seperti buah dan sayur.

3. Gunakan pelembap bibir


Gunakan pelembap bibir yang berbahan petroleum atau beeswax, untuk pelembap bibir alami bisa juga digunakan minyak zaitun dan minyak kelapa yang dapat menjaga bibir tidak kering.

4. Lakukan scrub bibir


Scrubbing pada bibir bertujuan untuk mengangkat kulit mati pada bibir. Scrub bibir alami bisa Anda buat sendiri dirumah dengan cara mencampur madu asli dan gula pasir kemudian oleskan pada bibir.

5. Gunakan pelindung sinar matahari


Gunakan lipstik yang mengandung SPF untuk menjaga bibir dari paparan sinar matahari pada saat berada diluar ruangan.

6. Menjaga kelembapan udara


Untuk mengatasi kelembapan udara yang rendah Anda bisa menggunakan humidifier untuk meningkatkan kelembapan udara dalam ruangan.

Penutup


Demikian tadi pembahasan mengenai cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Ternyata faktor yang menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah banyak sekali, kenali penyebab bibrkering Anda sehingga dapat segera dicari solusi yang tepat untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel